aspirasi putih


MEMILIH DISTRO LINUX MENURUT KECEPATAN KOMPUTER

MEMILIH DISTRO LINUX MENURUT KECEPATAN KOMPUTER

KOMPUTER KECEPATAN RENDAH (486 ke bawah)

Komputer dengan spesifikasi prosesor intel 386/486, RAM 16 Mb,dengan hardisk kurang dari 1 GB, akan lebih cocok dan berjalan normal bila menggunakan distro yang relatif ringan dan gegas seperti Slackware dan turunannya (vector, slax, dll).

Slackware,dan turunannya memang didesain untuk gegas dan minimalist. Bila anda menginstal-nya dengan pilihan minimal (console), hanya diperlukan 50 Mb ruang hardisk. Untuk menginstal xwindow anda harus menambahkan kartu grafis dan ruang hardisk tambahan.

Walaupun tidak menutup kemungkinan menggunakan distro lain, dengan syarat tidak menggunakan desktop manager yang berat seperti GNOME, KDE, atau Enlightenment.
Akan lebih baik bila menggunakan desktop manager sekelas fluxbox,blackbox, atau iceWM.

KOMPUTER KECEPATAN MENENGAH (Pentium 1 - 2)

Komputer ber-prosesor Pentium 1 dan Pentium 2, dengan kartu grafis, RAM 64-128 Mb,dan hardisk 3-10 Gb. Baik bila di-instal Slackware, Debian, Redhat, Mandrake dengan menggunakan desktop yang ringan.

Bila anda ingin menggunakan GNOME atau KDE, konsekuensinya waktu loading-nya akan semakin lama dan agak lambat. Lebih baik anda menggunakan XFCE, IceWM, atau fluxbox.

KOMPUTER KECEPATAN TINGGI (PENTIUM 3 ke atas)

Komputer dengan kecepatan ini, bisa menggunakan distro mana-pun, tidak ada pantangan sama sekali.

TIPS MEMILIH DISTRO DARI ILMUKOMPUTER.COM

1. Ingatlah, perbedaan distr-distro Linux hanyalah pada cara instalasi, pemaketan program, file system, dan utilitas tambahan. Pada dasarnya semua distro menggunakan kernel yang sama, LINUX by Linus Torvalds.

2. Pilihlah distro yang mudah instalasinya, mudah dokumentasinya, banyak pengguna-nya disekitar anda, agar anda mudah belajar dan bertanya.

3. Pilihlah distro yang memiliki paket program sesuai kebutuhan anda. Dan, mungkin, jika anda peduli dengan lisensi, pilihlah distro yang hati-hati mem-paketkan program non-free.

4. Pilihlah distro yang memiliki support official maupun non-official. Manual,forum, update, upgrade, patch dan sebagainya, dan kalau bisa, gratis!.

Kalau masih bingung juga, coba dulu versi live-nya, seperti Ubuntu, Knoppix, Mandriva Move, dsb.


Artikel ini ditulis dengan lisensi GNU/GPL
Oleh Dumbledore

sumber

0 Responses to “MEMILIH DISTRO LINUX MENURUT KECEPATAN KOMPUTER”

Post a Comment



© 2006 aspirasi putih | Blogger Templates by GeckoandFly.
No part of the content or the blog may be reproduced without prior written permission.
Learn how to make money online | First Aid and Health Information at Medical Health